Powered By Blogger

Kamis, 19 Februari 2015

Secret Admirer 3

Namaku Dita Dwi Pranandita, dan masku  Adit Eko Pranandita. Kami menjadi keluarga kecil yang bahagia sekarang, kami menjadi anak yatim piatu karena orang tua kami kecelakaan 8 bulan yang lalu, aku bisa menerima kenyataan sekarang sepenuhnya menerima keadaan yang menimpa keluargaku, aku bisa mandiri, aku bisa belajar memasak dan aku belajar mengurus rumah sendiri, aku bisa melakukan semua pekerjaan yang mas Adit lakukan saat aku kecil dulu,
“nduk, masak kangkung aja ya,,”kata mas Adit
‘’aku mau sayur asem, dari kemaren oseng terus..”jawabku
‘’iya ya mas dari kemaren masak oseng oseng melulu’’cetus mas Adit

Iya dari hari selasa sampai hari jum’at mas Adit masak itu terus,
‘’mas,,”
“ehm..”jawab mas Adit sambil  memotong sayur
‘’mas lagi kasmaran ya..?”tanyaku
‘’kasmaran??iya mungkin..”jawab mas Adit ketus
‘’sama siapa?”tanyaku polos

Mas adit malah tersenyum dan membuang muka,,’’sama cewek tentunya’’jawab mas Adit
Mas Adit pergi dengan senyumannya,,mas Adit jarang jatuh cinta bahkan mungkin belum pernah, hanya beberapa kali mas Adit dapet surat cinta dari temen SMA nya,dan langsung dibuang,
Mas Adit, kulit putih,, mata besar dan punya hidung yang bangir (mancung dan besar),, hampir sebelas dua belas mukanya ma mas Dodit, memang ganteng bahkan temen temenku juga banyak yang naksir mas Adit dulu, sebentar lagi kenaikan kelas,

‘’assalamu’alaikum,,’’tok tok
‘’ya wa’alaikumsalam’’aku membuka pintu..’’Ronny..’’kataku kaget
‘’Dit,,,’’
‘’ya,,’’jawabku
‘’bajumu..’’kata Ronny
Baju, aduh aku masih pake tanktoop lagi,, aduh malunya, aku lari masuk ke kamar..
‘’ehm,, silahkan masuk dan duduk Ron,,,’’kataku
Malu banget sih, didepan cowok pake beginian,
‘’maaf,, yang tadi..’’kataku kagok
‘’gak pa pa kok Dit,, ‘’kata Ronny dengan tersenyum
‘’mau ketemu siapa?”tanyaku
‘’mas Adit ada,,?”jawab Ronny
‘’ow ada sebentar ya Ron.. ‘’kataku sambil pergi cari mas Adit
‘’mas Adit oh mas Adit ada yang cariin….’’kataku sambil teriak halus
‘’ada apa..”Tanya mas Adit
‘’dicari Ronny..”kataku
Sudah lama banget Ronny gak kesini, mungkin dia sibuk dengan kelas 3, .
‘’nduk,, sini’’kata mas Adit
‘’iya mas,,’’
‘’aku lagi siapin kejutan buat walimahan mas Dodit  besok,, kan bentar lagi, ni aku lagi bicarain ma Ronny, Ronny kan vocal dibandnya, aku mau pinjem Ronny aja buat kejutan ini,,’’jelas mas Adit
‘’eh,, ‘’kataku
‘’besok kamu temenin Ronny pas nyanyi, lagipula kan gak pake dhomas cuma pake pengiring, kamu nanti aku pasangin ma Ronny dan gimana?”Tanya mas Adit
Aku ma Ronny Cuma bengong dan saling pandang,
‘’lha mas mau kemana?”tanyaku
‘’aku udah punya pasangan,,’’jawab mas Adit bangga
‘’siapa?’’tanyaku
‘’mas Dito,,ha ha, kami kan sama sama jomblo..’’jawab mas Adit
Aku dan Ronny ikut tertawa,, iya ya mas Dito pun belum punya pasangan, he he
‘’tapi mas,,”Tanya Ronny’’aku bukan keluarga dekat’’
‘’gak pa pa,, kalau ditanya bilang aja temenku, tapi pakdhe pun kenal kamu,, itu bukan masalah aku juga sudah bicarain ini ma mas Dito,,’’kata mas Adit

Kami setuju, pernikahan mas Dodit 2 minggu lagi, pakdhe dan budhe pun sudah mempersiapkan semuanya, dari kecil aku punya 3 mas (abang) mas Adit, mas Dodit dan mas Dito. Rumah kami berseberangan, dulu saat kami masih kecil, aku masih 5 tahun, mas Adit 8 tahun, mas Dito 10 tahun dan mas Dodit 13 tahun, kami selalu main bersama, saat itu pakdhe memanggil dengan nama ‘Dit’ kami berempat berlari dan mendatengi pakdhe dan pakdhe malah bengong dan bertanya kepada kami ‘’kenapa lari lari ke sini semua, aku cuma panggil mas Dodit kok’’ kata pakdhe dengan tersenyum, memang dikeluarga besar kami hampir semua memakai kata ‘Dit’.. anak pakdhe Dodit Eka Prasetyo dan Dito Dwi Prasetyo, dikeluargaku Adit Eka Pranandita dan Dita Dwi Pranandita, dikeluarga bulekku ada Radit Eka Pramana, Didit Dwi Pramana dan Nandita Tri Pramana, tapi bulekku tinggal dijakarta jadi jarang sekali kami bertemu.

Hari ini rumah mas Dodit terlihat ramai, sudah ada ibu ibu yang rewang, meja, kursi dan pajangan pengantin, ada beberapa sinoman yang lagi sibuk melayani para tamu, aku hanya duduk dekat kotak sumbangan dengan setelan baju kemeja kotak kotak biru dan celana jeans pensil hitam,dengan warna jilbab serupa baju, aku menyambut para tamu dan menerima amplop sumbangan tentunya, sudah terlihat beberapa kursi dan meja yang sudah ditata rapi, pajangan pengantin pun sudah siap untuk hari besar besok.

‘’nduk, punya nomere Ronny?’’tanya mas Dito
‘’da mas, da apa ya?”tanyaku balik
‘’telfon Ronny suruh kesini untuk atur panggung buat besok, mas mu lagi sibuk ngurusin daging’’kata mas Dito
‘’ngurusin daging?’’tanyaku heran
‘’tuh lagi jadi sopir para ibu ibu,,he he’’canda mas Dito
‘’oo iya aku telfon Ronny sekarang’’kataku
Mana nomer HPnya Ronny, aku cari diabjad R, kok gak ada aku simpan dengan nama apa
‘’nit, punya nomere Ronny?”tanyaku ke Nita
‘’aku yo gak ada to Dit, kamu kan yang ada ehem ehem ma Ronny..”canda Nita
‘’ah apaan sih..’’balasku’’kami cuma temen, aku cari dulu’’kataku
Aku coba buka inbox, kenapa ada nama ‘’Unyu’’ di inbox aku, aku cek sms nya ni kan sms Ronny, kapan aku mengganti nama Ronny menjadi ‘’Unyu’’,,
‘’halo,, assalamu’alaikum’’salamku
‘’wa’alaikumsalam,,da pa dek,, ehm maksudku Dit’’jawab Ronny
‘’bisa kesini gak sore ini, mas Dito minta tolong ma kamu buat set panggung soalnya mas Adit lagi kerepotan karena mas Dito pengen panggung diset sendiri’’kataku
‘’mungkin habis maghrib aku bisa kesitu, aku masih ada beberapa tugas sekolah, iya kemaren mas Adit udah ngasih aku gambar set panggungnya nanti aku coba buat’’jawab Ronny
‘’ow ya udah, kalau begitu nanti aku bilang ke mas Dito kamu dateng habis maghrib, ya udah aku tutup dulu ya,,’’kataku
‘’tunggu Dit,..”kata Ronny
‘’ada apa?”tanyaku
‘’gak ada apa apa.. assalamu’alaikum’’kata Ronny
‘’wa’alaikumsalam’’jawabku
Besok hari pernikahan mas Dodit, waktu kecil aku lebih menyukai mas Dodit dari pada mas Adit atau mas Dito karena mas Dodit lebih kalem dan selalu melindungiku.
‘’Dit, udah maghrib aku pulang dulu ya, tamunya udah sepi,’’kata Nita
‘’o iya, kamu istirahat dulu aku juga mau mandi’’kataku

Walaupun cuma duduk dan terima amplop tapi capeknya juga lumayan gak  kalah capek sama sinoman sinoman hebat sore ini, akhirnya selesai mandi, ini malam minggu kan, aku lihat meja belajarku, PR ku lumayan menumpuk buat hari senin, malasnya buat kerjain, biasanya mas Adit akan bantu buat ngerjain, apa lagi yang pake ngetik, buat minggu ini aku malas untuk tugas sekolah.

‘’nduk, nduk’’ ada seseorang yang memanggilku
‘’iya..”jawabku sambil membuka pintu kamarku’’ada apa mas Dito?’’tanyaku
‘’Ronny udah dateng, kamu yang bantuin ya, mas cuapek BGT’’kata mas Dito
‘’aku juga capek’’kataku dalam hati’’iya iya aku ganti baju dulu’’jawabku dengan nada lesu
Aku pengen tidur juga mas Dito, tugas sekolahku juga menumpuk, tapi Ronny gak ada yang ngebantuin, kasihan ,,
‘’Dit,,”Ronny memanggilku sambil mengagetkanku
‘’sudah lama ya,,?”tanyaku
‘’belum, tadi ngobrol ma mas Dito tentang kejutan ini, ternyata ini ide dari bertiga ya, kamu, mas Adit dan mas Dito, kenapa sampai membuat kejutan seperti ini,?”Tanya Ronny dengan keheranan
‘’mas Dodit itu cinta pertamaku,,”jelasku sambil melihat Ronny dan Ronny juga terlihat kaget mendengar jawabanku
‘’maksudnya?”Tanya Ronny dengan nada agak tinggi
‘’iya mas Dodit itu cinta pertamaku, aku suka mas Dodit dari kelas 5 SD, mas Dodit begitu kalem dan protect sama aku, aku juga suka sama senyuman mas Dodit, jika ditanya kenapa aku bisa mencintai mas Dodit aku bingung mau jawab apa..”jelasku sambil tersenyum
‘’percaya percaya..”kata mas Dito nyelonong duduk disampingku’’jangan percaya kata kata Dita, dia ini suka ma kang masku gara gara masku paling ganteng diantara kami,, bo’ong,,”kata mas Dito
Aku lihat Ronny dan mas Dito tertawa setelah mas Dito mengejekku’’aku emang cinta ma mas Dodit’’kataku manja sambil kekanak kanakan
‘’kagum atau cinta?”Tanya Ronny mengejekku
‘’gak tahu..”jawabku
‘’aku juga cinta sama kamu kok adik Dita..”kata mas Dodit sambil duduk didepanku dan menatapku
Aku kaget dan hatiku deg deg an saat mas Dodit melihatku seperti itu,,
‘’malu malu malu. Tengsin tengsin tengsin,, mukanya memerah,, ha ha ha”ejek mas Dito
Aku menunduk malu,
‘’udah mas, nanti ngambek lagi, nanti aku kerja sendiri,,”kata Ronny membelaku
‘’ya udah, kami tinggal dulu aku mau tidur buat besok pagi..”kata mas Dodit sambil mengajak mas Dito buat pergi

Tinggal aku dan Ronny di tempat itu, masih ada beberapa bapak bapak yang lagi jagongan,
‘’kamu jago dalam hal design dan art..”kataku
‘’ehm sama saat mas Adit ketemu aku buat pertama kalinya..”jawab Ronny
‘’apa yang kamu suka?”tanyaku
‘’aku suka yang orang lain tidak suka..”jelas Ronny’’aku suka berbeda dari orang lain karena aku yakin aku punya yang orang lain tidak punya dan aku bisa menjadi orang yang berbeda dengan segala yang aku miliki..”jelas Ronny
Aku malah terbengong mendengar penjelasan Ronny diusianya yang baru duduk dibangku kelas 9 SMP Dia sudah mempunyai cita cita dalam hidupnya..
‘’kalau kamu, apa yang kamu suka?”Tanya Ronny membuyarkan lamunan kekagumanku
‘’aku suka jika semuanya kembali normal tanpa ada rasa kehilangan dan rasa sakit’’jelasku sambil menundukkan muka

Kami sama sama terdiam dan menundukkan muka masing masing…
‘’saat kehilangan sesuatu, kamu akan mendapat sesuatu yang baru, tetapi sesuatu yang baru itu akan berbeda dari sesuatu yang hilang, tapi disaat kamu ikhlas dengan kehilangan sesuatu itu, akan ada senyuman ditengah tengah keduanya’’jelas Ronny
Aku melihat Ronny tersenyum saat mengatakan kata kata ini, akupun ikut tersenyum..
‘’mungkin, nanti aku bisa mendapatkan sesuatu yang baru’’jawabku dengan tersenyum
Hampir selesai, tinggal sentuhan terakhir dan itu buat surprise besok pagi..
‘’aku capek, ngantuk gila,,’’kataku
‘’tidurlah, biar aku aja yang beresin, kamu istirahat, mungkin aku akan tidur disini ma mas Adit,,”jelas Ronny
‘’aku tidur dulu ya, pasti sebentar lagi mas Adit dateng,,”kataku sambil pulang
Mataku sudah tinggal 5 watt, masih ada besok, dan esoknya lagi,
‘’kok pulang,,’’sapa mas Adit sambil keluar rumah
‘’gantian, aku mau tidur, tuh udah ditunggu kang mas Ronny,,”jelasku
‘’cie cie yang diapelin..’’ejek mas Adit
Aku masuk rumah dan mengunci pintu kamar,, ingin terlelap dalam mimpi indahku malam ini.

Tapi masih ada yang mengganjal dipikiranku,, tentang Ronny, kenapa sosok dia beberapa hari ini selalu mampir dipikiranku, saat dia tersenyum bahkan aku ingat pasti bagaimana senyumannya.
‘’bangun,, udah jam 5,,,,,,,,” teriakku
Ronny dan mas Adit tidur didepan TV, aku liat betapa terlelapnya tidur Ronny, wajah cowok ayu ini begitu indah untuk dilihat.
“baru jam 5..”jawab mas Adit
“sholat shubuh,, gak mau sholat ya,, aku siram air lho” teriakku lagi
Mereka berdua langsung duduk terbangun, mas Adit paling sebel kalau disiram air pas waktu bangun tidur.
“aku pulang dulu, nanti aku ke sini lagi,, “pamit Ronny ke aku
“oh ya Ron, pake batik agak kemerahan ya, soalnya aku nanti bajunya sama kayak pengantinnya,, merah” kataku
‘’ok, kemaren aku dah dikasih tahu mas Adit… assalamu’alaikum” kata Ronny sambil pergi
‘’wa’alaikumsalam” jawabku

Aku melihat sendu saat mas Dodit dirias, mas Do sudah resmi menjadi suami dari mbk Rina, istri mas Do. Ada rasa cemburu yang menyelimutiku saat aku mendengar mas Do mengucapkan kalimat ijab tadi, aku menangis dan Ronny mengusap air mataku.
“kenapa?” Tanya mas Do membuyarkan lamunanku
‘’gak da pa pa..”jawabku lirih
“gak da pa pa kok mukanya 500 rupiah gitu” kata mas Do
Aku malah menangis, terisak – isak ini puncaknya aku menangis hari ini setelah acara ijab qobul tadi aku hanya meneteskan air mata. Mas Do memelukku dengan erat, dia tahu perasaanku, mas Do cinta pertamaku saat aku kelas 5 SD,
‘’mas minta maaf, ini seharusnya bisa membuatmu merasa bahagia”kata mas Do lirih

Aku malah menangis dan tidak bisa berkata apa – apa.
‘’ingat nduk, mas selalu dan masih akan selalu mencintaimu, jangan merasa kehilangan mas Do karena pernikahan mas Do, sekarang mas ada temennya buat jaga kamu, mas bisa berbagi tugas dengan mbk Rina nanti buat ngawasin kamu, kamu akan selalu jadi prioritas pertama disetiap rencana keluarga kami nanti, jangan sungkan buat nangis didepan mas atau mbk Rina, bukankah masih ada mas Adit dan mas Dito, mereka juga sayang sama kamu, bahkan mungkin, sayangnya lebih besar dari aku”
Aku melihat 3 pasang kaki dibelakang tubuh mas Do, aku melihat ke atas, ada Ronny, mas Adit dan mas Dito. Mereka tersenyum ke arahku,
‘’kamu begitu mencintai mas Do, Dit?”Tanya Ronny tiba – tiba

Mas Adit dan mas Dito sudah keluar. Aku hanya terdiam mendengar pertanyaan Ronny, bingung mau jawab apa karena selama ini aku memang merasa kalau aku nyaman berada didekat mas Do, disampingku masih ada mas Do, mas Do juga memandangiku menunggu jawaban dariku. Aku semakin terdiam dan merangkai kata – kata yang pas.

“ada hal yang paling aku benci didunia ini yaitu sendiri, dan disaat aku melihat mas Do, perasaanku merasa lebih baik, dimatanya terdapat senyuman yang bisa membuatku ikut tersenyum, aku menyayanginya seperti aku mencintai orang tuaku, jika bisa aku ingin mempunyai seorang suami yang seperti mas Do, sosok pelindungku dan pengayom kesedihanku”

Aku hanya tertunduk dan menangis saat aku mengatakan alasanku menyukai mas Do, Ronny pergi dari hadapanku dengan menggenggam tangannya karena aku takut untuk melihat Ronny aku hanya berani melihat kepalan tangannya, mas Do langsung memelukku.


 continoue...








Tidak ada komentar:

Posting Komentar